Thursday, October 19, 2006

Kitab Persugihan Islami


Kitab ini khusus memuat Ilmu-Ilmu Hikmah yang berkaitan dengan tatacara mencari rezeki yang berasaskan Islam dengan banyak orang menyebut “Pesugihan Islami” karena dasar yang diambil dari ilmu-ilmu ini bersumber dari ajaran islam.





Kebanyakan berbau kejawen dimana sebenarnya merupakan gubahan-gubahan dari kitab-kitab Ilmu Hikmah dengan bahasa asli bahasa arab, berhubung yang dihadapi adalah masyarakat jawa maka para Pujangga dan khususnya para Wali Songo yang mengembangkan ilmu ini maka sebahagian bahasanya disajikan dengan bahasa jawa untuk mempermudah pengembangannya.

Adapun gubahan-gubahan kitab tersebut yang mandasari kitab ini sebahagian juga diambilkan dari primbon Jawa diantaranya : Ngayogyakarta Pamudharan, Raja Medha, Ngayogyakarta Pagelaran, Primbon Aji Mantrawara, Wawasan Candra Sangkala dan Mujarrobat. Adapun dasar umum keberhasilan seseorang dalam menjalani ilmu-ilmu hikmah termasuk ilmu-ilmu hikmah yang berkaitan dengan rezeki ini :

• Kesiapan hati yang penuh

• Pemahaman perasaan yang baik

• Kesanggupan akal yang sempurna.

Dalam mencari harta ada usaha lahir dan usaha batin. Usaha lahir merupakan sebuah tuntutan, sedang usaha batin merupakan keperluan didalam menempuh sesuatu termasuk didalam mencari dan memperoleh harta. Banyak orang yang kerja dengan teori dan praktek yang memadahi tapi tidak ada keberhasilan seimbang.

Banyak juga orang yang usaha batin kerjapun tidak, dimana hanya pasarah kepada Allah SWT dengan beribadah, beramal soleh dan selalu berdo’a dengan tatacara baik tapi serba kecukupan karena berilmu yang manfaat dan barokah. Adapun kitab yang ada dihadapan kita ini hanyalah sebahagian ijazah yang diperoleh dari para Kyai, Pujangga, dan para tokoh masyarakat yang keberhasilan hidupnya boleh kita lihat bersama sebagai wujud usaha batin.

Sebaiknya orang itu disamping usaha lahir, semisal bekerja yang nyata juga usaha dengan cara batin termasuk melakukan amalan-amalan tertentu dengan tujuan keberhasilan usaha semata dari Dzat Pencipta dan Dzat Pembagi Rezeki. Demikanlah pembuka kitab yang berkaitan dengan ilmu-ilmu mencari rezeki.

Kami berharap dengan adanya pengembangan illmu-ilmu warisan para leluhur kita ini, khususnya para pujangga dan para Wali yang sebenarnya merupakan karunia Allah SWT boleh kita lestarikan sebagai pemecahan kehidupan.

Bila ada kekuragan semata-mata dari kami dan yang benar hanya dari Allah SWT. Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan. Wassallam


0 Comments: